Wednesday, April 16, 2008

andai saya menjadi mereka

Si Budi kecil kuyup menggigil
Menahan dingin tanpa jas hujan
Di simpang jalan tugu pancoran
Tunggu pembeli jajakan koran

Menjelang maghrib hujan tak reda
Si Budi murung menghitung laba
Surat kabar sore dijual malam
Selepas isya melangkah pulang

Anak sekecil itu berkelahi dengan waktu
Demi satu impian yang kerap ganggu tidurmu
Anak sekecil itu tak sempat nikmati waktu
Dipaksa pecahkan karang lemah jarimu terkepang

-Iwan Fals ( Sore Tugu Pancoran 1985 )

perjalanan pulang hari ini ada hal yang menarik, jadi terinspirasi untuk menulis lg.. hufff... begini ceritanya,


Dalam beberapa minggu ini saya sedang mengalami "dis-orientasi pikiran" dalam artian emang pikiran saya lagi banyak bgt dan ngerasa hidup ini kacau bgt dalam ngehadapin masalah dan kesibukan yg ada. entah masalah pribadi, kuliah, kerjaan dan banyak lainnya.. bahkan sempet berfikir betapa tidak beruntungnya saya dibanding orang-orang yang bersenang-senang dan punya kehidupan lebih baik disana,,,


tapi dalam perjalanan pulang, saya mendengar lirik diatas dari radio dalam mobil.. hmm.. sempat terdiam dan mencoba memahami dalam2, beberapa lirik diatas kayaknya menampar saya dalam2.. belum habis lirik itu menampar saya tiba-tiba 2 orang anak kecil menjajakan koran dengan tampang lusuh dan muka kecapaian,, padahal ukuran badannya ga sampai setengah saya...huff makin pas lah tu lirik ma keadaan yg saya lihat.. siaalll.. haha,... jadi de saya beli 1 koran dari mereka saya beri mereka 5ribu, mereka tersenyum dan senang dan ucapkan terima kasih..

saya jadi berfikir...

kok bisa-bisanya saya mengeluh dengan masalah yg saya punya..
padahal mereka punya masalah yg lebih pelik.. masalah untuk bertahan hidup..

saya mengeluarkan uang 5 ribu yang biasanya hanya untuk bayar parkir dan beli aqua....
oleh mereka dipakai untuk bertahan hidup (dapetnya sedikit bgt kalo udah dikurangin ongkos produksi koran)

saya duduk di mobil masi bisa dengerin musik ma merasakan AC mobil yang dingin....
kalau mereka cuma dengerin bunyi menyakitkan dari kehidupan kota dan merasakan panas terik matahari dan dinginnya kehujanan tanpa pelindung

saya bisa tidur dikasur empuk dan nonton tv serta jalan-jalan sepuasnya
kalau mereka cuma tidur di jalan, nonton langsung masalah hidup dan lari-lari untuk jualan

mimpi saya dulu cuma beli nitendo, sega, ps... (skrg ps3 haha..)
kalau mereka mimpinya amat besar yaitu bertahan hidup.. entah dengan sekolah atau berjualan..

inget waktu kecil saya dulu.....
saya ga tau kalau jadi mereka apakah saya masih "sekuat" mereka
saya ga tau kalau jadi mereka apakah saya masih akan kuat "bermimpi" seperti mereka
saya ga tau kalau jadi mereka apakah saya masi kuat "mensyukuri" kehidupan saya

melihat kekuatan mereka dalam menyelesaikan masalah-masalah mereka ....
betapa saya termasuk orang-orang yang masi beruntung dan harus menjadi lebih kuat...
agar bisa terus tersenyum mensyukuri hidup....
agar bisa kuat menyelesaikan masalah dalam menjalani hidup..
dan agar bisa berbuat..

setidaknya untuk mereka...


-karena saya masi diberi waktu....


sumber tulisan :
lagu sore tugu pancoran by
Iwan Fals
2 anak kecil penjaja koran dan teman-temannya yang hebat2....


8 comments:

zamak said...

hoo..
sudut pandang yang bagus riez..

semoga kita g jadi org yang g bersyukur..

gavaza said...

Asw,, morris..
Apa kabar bos..?
Sibuk apa nih?

Membuat tersentak terkadang mereka2 itu,,
Yang juga harus diperhatikan kepribadian mereka,,
Karna pasti ngga mendapat perlakuan sebagaimana anak seusianya diperlakukan,,
Butuh diperhatikan tuh,,
Jadi kapan kita buat LSM utk ngebantu mereka bos..?

Kabar2i lah pak...

Jasmine said...

riz..
udah baca buku tetralogi laskar pelangi blom?
tu buku sumber energi dan pe-nampar yang baek juga.
misalnya yah untuk aq yang lagi "ga bersyukur" ini..
btw, baru ni qlihat tulisan2mu..
pas SMA jg udah suka nulis ta?
ato kegiatan waktu beranjak dewasa?
^,^
kok baru tau yah..

melur said...

judul posting elo ini dibuat acara TV kan akhirnya? ;)

pupuk organik said...

pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik

Anonymous said...

Porn? I have seen the blogmaster in a gay gangbang movie the other day, he was high on pills and was taking cock in every hole, that horny gayass cocksucker son of a bitch.

The author of this blog is dumbass motherfucker, he is a faggyass pillpopping maniac.

http://www.diebewertung.de

Anonymous said...

As a French fashion house founded in 1854, LV has improved greatly and acquired countless lovers across the world. Recent years, there established many online Louis Vuitton Sale, aiming at making people¡¯s shopping more convenient. You don¡¯t need to go out of your house and wander about to find the LV Bags you like. Additionally, special discounts of the goods such as Louis Vuitton Purses are offered everyday. Hurry up!
................................................................................
[url=http://www.llouisvuittonoutlet.com]Louis Vuitton Online[/url] [url=http://www.llouisvuittonoutlet.com]Louis Vuitton Outlet[/url]

Anonymous said...

It is Miuccia [url=http://www.furworld.ru/ ]мех [/url] and Patrizio Bertelli who find the secret of Prada and invent the very first black nylon Prada handbag on the planet which opens the successful and beneficial entrance of celebrated handbag brand. Prada Handbags is famous for its high end. Each lady wants a Prada handbag which presents the style and the way of life. Prada store sells cheap Prada, including Prada purses and Prada handbags. [url=http://www.furworld.ru/ ]мех [/url] is the perfect way for you to select a bag of high quality and best designed. With the progression of Prada, an increasing number of [url=http://www.furworld.ru/ ]Шубы [/url] are established. Getting Prada handbags and Prada wallets in [url=http://www.furworld.ru/ ]шубы от производителя [/url] can help you save numerous time and money. [url=http://www.furworld.ru/ ]фабрика меха [/url] is actually good choice for you. [url=http://www.furworld.ru/ ]шуба [/url] won't let you down.